Menurut PP No. 19/2005 Pasal 91 tentang Standar Nasional Pendidikan, setiap satuan pendidikan pada jalur formal dan nonformal wajib melakukan penjaminan mutu pendidikan. Dosen merupakan  salah satu komponen yang sangat berperan  dalam proses pembelajaran, dan secara langsung mempengaruhi peningkatan kualitas belajar mahasiswa. Oleh karena itu, sesuai dengan UU 14/2005 Pasal 1 butir 2. dosen hendaknya mampu melaksanakan tugasnya sebagai pendidik dan ilmuwan yang professional.  Menurut KPPTJP Dikti 1996-2005, agar dapat berfungsi secara professional, seorang dosen hendaknya mimiliki tiga kompetensi, yaitu penguasaan bidang ilmu, ketrampilan kurikulum dan ketrampilan pedagogis (pembelajaran dan pengembangan cara mensikapi pemahaman materi ajar). Upaya meningkatkan kompetensi professional dosen perguruan tinngi selalu menjadi pokok perhatian Direktorat Jendarl Pendidikan Tinngi (DITJEN DIKTI).

Program APPLIED Approach (AA) merupakan dua buah program  pelatihan yang dapat dimanfaatkan  dalam rangka peningkatan kompetensi professional dosen dalam memangku jabatan funsional, terutama dalam peningkatan ketrampilan pedagogis

Tujuan dari program APPLIED Approach (AA)  adalah untuk meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan dan wawasan tentang prinsip-prinsip pedagogik dan metodologi dan ketrampilan mengajar dosen dalam rangka meningkatkan kualitas proses belajar dan hasil belajar mahasiswa

Setelah mengikuti program pelatihan Applied Approach (AA) peserta mampu:

  1. Mengembangkan rancangan pembelajaran
  2. Merekonsktruksi mata kuliah
  3. Membuat alat evaluasi alternative
  4. Menyusun bahan ajar
  5. Menyusun proposal PTK

Dalam rangka peningkatan kualitas dosen di Lingkungan Kopertis Wilayah III ini dilaksanakan Bimbingan Teknis Applied Approach (AA) pada :

Hari : Senin s.d. Kamis

Tanggal : 16 April s.d 19 April 2018

Bertempat di : The Mirah Hotel Bogor, Jalan Pangrango No.9A, Babakan, Bogor , Jawa Barat.

Bimbingan ini di ikuti 40 dosen di seluruh PTS (Perguruan Tinggi Swasta) yang ada pada wilayah kopertis III, salah satu PTS (Perguruan Tinggi Swasta) yang mengkuti acara tersebut adalah Universitas Respati Indonesia (URINDO), dengan mengirimkan Dr. Cicilia Windiyaningsih., SMIP., M.Kes yang merupakan salah satu perwakilan dosen yang dapat menyerap seluruh pemaparan program APPLIED Approach (AA), serta memberikan kesan dan pesan kepada seluruh peserta selama mengikuti acara yang berada di bogor tersebut.

Bimbingan Teknis APPLIED Approach (AA) Kopertis III