Stunting merupakan sebuah kondisi dimana tinggi badan seorang anak jauh lebih pendek dibandingkan dengan tinggi badan anak yang seusianya. Penyebabnya adalah kurangnya gizi sejak bayi dalam kandungan ibu dan kurannya gizi pada masa anak awal lahir.

Melihat hal ini sangat berpengaruh terhadap masyarakat, maka program studi Kebidanan Universitas Respati Indonesia melakukan edukasi atau peyuluhan tentang bahaya stunting dan pencegahan stunting. Hal ini dilakukan dengan membuat kegiatan pengabdian masyarakat dengan mengajak masyarakat sekitar wilayah Bambu Apus khususnya ibu-ibu.

Kegiatan yang diadakan oleh Prodi Kebidanan URINDO ini dilaksanakan pada 25 Juni 2019 bertempatkan di RPTRA Payung Tunas Teratai, Cipayung.  Kegiatan edukasi untuk pencegahan stunting ini dihadiri oleh puluhan ibu-ibu khususnya ibu hamil dan ibu yang memiliki anak usia 0-9 bulan.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini juga dihadiri oleh pihak Rektorat URINDO, Ibu Tiwi Nurhastuti. Selain itu juga Ikatatan Bidan Indonesia dan Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia ikut menjadi fasilitator dalam penyuluhan tersebut.

Penyuluhan stunting yang diberikan oleh Bidan URINDO juga akan berlanjut dalam 6 bulan kedepan. Diharapkan Program ini  dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pencegahan stunting.

Fokus Pencegahan Stunting, Kebidanan URINDO Gelar Edukasi Ke Masyarakat