Sejak tahun 2005 Universitas Loughborough dan Universitas Indonesia telah melakukan kerja sama dalam bidang pendidikan dan penelitian di bawah rancangan besar penelitian kolaboratif mengenai masalah penuaan yang melibatkan mahasiswa PhD dan mahasiswa master dari kedua universitas tersebut.

Kerjasama tersebut telah dilakukan secara formal di bawah MoU kedua belah pihak, pada tahun 2008, 2011 dan 2015. Sejak tahun 2009, kegiatan tersebut telah diperluas dengan mengundang universitas lain seperti Universitas Respati Indonesia, Universitas Respati Yogyakarta dan lain-lain.

Selain itu Profesor Tri Budi W. Rahardjo dan tim dari Universitas Respati Indonesia telah mengunjungi Universitas Loughborough pada tahun 2015 untuk membahas tentang MoU tersebut. Oleh karena itu, pertemuan untuk memajukan kerjasama dalam penelitian dan pendidikan sangat dibutuhkan.

Wakil Kanselir Universitas Loughborough (LU) menyatakan bahwa dia merasa sangat terhormat dapat mengunjungi Indonesia. Dia berharap pertemuan dengan Universitas Respati Indonesia dan kolaborator lainnya dapat membahas dan mendiskusikan kolaborasi jangka panjang antara Universitas Respati Indonesia dan Universitas Loughborough serta universitas lainnya.

Sayangnya, karena jadwal Professor Robert Allison  yang sangat padat, sehingga acara tersebut berlangsung secara singkat pada hari Sabtu, 1 April 2017 dari jam  12.00 sampai 15. 00 WIB. Acara pertemuan kolaborasi ini bertempatkan di Ruang Uluwatu, Lantai Dasar, Gran Melia Hotel, Jl. HR. Rasuna Said Kav X-0, Kuningan, Jakarta Selatan, Jakarta 12920, Indonesia. Akan tetapi, Meskipun dengan waktu yang sangat singkat itu, banyak peserta yang hadir dalam kegiatan pertemuan kolaborasi ini dan menghasilakan berbagai hal. Seperti MoU antara Universitas Respati Indonesa dan Universitas Loughborough serta MoU antara Universitas Loughborough dan universitas lain yang juga ikut serta dalam kegiatan tersebut.

 

MOU Antara Universitas Loughborough dan URINDO