Kondisi neuropsikiatri menjadi kontributor nomor 1 beban penyakit tidak menular di seluruh dunia, diantaranya skizofrenia, gangguan bipolar, dan ketergantungan narkoba. Narkoba -atau istilah lainnya NAPZA- saat ini menjadi masalah di banyak negara. Penyalahgunaan narkoba di seluruh dunia diperkirakan 200juta orang, yaitu 5% dari populasi dunia. Sementara di Indonesia, Badan Narkotika Nasional (BNN) memperkirakan terdapat sekitar empat juta pengguna narkoba. Saat ini pemerintah menyatakan Indonesia dalam situasi Darurat Narkoba.

Menyikapi kondisi bangsa saat ini, psikiater dan perawat jiwa yang terhimpun dalam Institute of Mental Health, Addiction, and Neurosciece (IMAN) menyelenggarakan International Symposium and Workshop dengan tema “Drug Addiction Management: Enhancing Competencies of Health Professionals” di Harris Hotel Jakarta, 16-17 Maret 2018 menghadirkan pembicara dari Norway, Malaysia, Thailand, United Emirate Arab, Turkey. Peserta dari dalam dan luar negri yang terdiri dari psikiater dan perawat jiwa.

URINDO berpartisipasi dalam paper presentation yang disampaikan oleh Ketua Bidang Keilmuan Keperawatan Jiwa Program Studi Ilmu Keperawatan, Ns. Thika Marliana, M.Kep.,Sp.Kep.J dengan topik “Effect of Pornography Exposure on Senior High School in East Jakarta”. Pada kesempatan ini juga beliau memperoleh award dari IMAN sebagai the 1st Best Oral Presentation for Nurses.

Alumni mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan URINDO, yang saat ini bekerja di Badan Narkotika Nasional (BNN), Riza Mahmuda,SKep Terlibat juga Joko Santoso, AMK yang saat ini sedang menempuh pendidikan Sarjana Keperawatan di URINDO memberikan materi workshop tentang “Application of Emergency Nursing Care and Instruments Use in Drug Addiction” juga turut serta menjadi narasumber dalam Symposium for Nurses dengan menyajikan topik mengenai “New Psychoactive Substance (NPS)”.

Program Studi Ilmu Keperawatan senantiasa mengembangkan keilmuan melalui Tridharma perguruan tinggi baik di dalam negri maupun luar negri, yang dilaksanakan baik oleh dosen, mahasiswa maupun melibatkan alumni.
Bravo URINDO

Oral Presentation dalam “World of Addiction 2018”