Universitas Respati Indonesia dalam upaya meningkatkan pelayanan usulan jabatan fungsional akademik bagi Dosen Tetap di lingkungan Universitas Respati Indonesia, kembali menyelenggarakan Pelatihan Penghitungan Angka Kredit Untuk Kenaikan Pangkat Jabatan Fungsional Dosen pada hari Rabu, 13 November 2019 yang diprakarsai oleh Kepala Unit Layanan Sumber Daya Manusia, Bapak Samingan, SE, M.Kes bekerjasama dengan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III DKI Jakarta. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kualifikasi jabatan fungsional Dosen, sebab Dosen memiliki kewajiban utama yaitu melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan untuk pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi ini, sangat terkait erat dengan peningkatan jabatan fungsional Dosen. Tri Dharma Perguruan Tinggi ini sebagai kewajiban Dosen dan harus dilaksanakan sepenuhnya dari unsur pendidikan, unsur penelitian, unsur pengabdian masyarakat dan unsur penunjang.

Materi Pelatihan Penghitungan Angka Kredit Untuk Kenaikan Pangkat Jabatan Fungsional Dosen disampaikan oleh narasumber Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III DKI Jakarta yang diwakili oleh Kepala Subbagian Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bachrudin. Penilaian Angka Kredit (PAK) dosen merupakan bentuk evaluasi terhadap kinerja dosen dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi. Setiap kegiatan yang dilakukan oleh dosen dalam pelaksanaan tridharma perguruan tinggi memiliki nilai angka kredit (kum) bagi dosen sehingga dalam perhitungan keseluruhan nilai yang dikumpulkan oleh dosen dapat diajukan untuk kenaikan pangkat/jabatan akademik dosen yang merupakan jabatan keahlian seorang dosen.

Antusias peserta pelatihan sangat dirasakan oleh narasumber dan peserta, hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan peserta pelatihan yang sangat termotivasi dan ingin mengetahui lebih banyak mengenai penghitungan angka kredit. Peserta sangat merasakan manfaat yang diperoleh dari pelatihan ini dan diharapkan agar pelatihan seperti ini dilaksanakan secara rutin setiap semester kerena Pelatihan ini sangat penting untuk membantu para dosen dalam meningkatkan kredibilitas Sumber Daya Universitas. Salah satu kriteria perankingan dalam akreditasi institusi seperti yang dinyatakan oleh kemenristek dikti diantaranya adalah posisi jumlah pangkat dan jabatan dosen di sebuah Universitas.

(Penulis : Nings73)

Universitas Respati Indonesia menyelenggarakan Pelatihan Penghitungan Angka Kredit bagi Dosen