Berdasarkan pada latarbelakang banyaknya penelitian mengenai berbagai kajian tentang penuaan yang telah dilakukan oleh Universitas Loughborough bekerjasama dengan Center for Aging University of Indonesia (CAS UI), dan universitas lain termasuk Universitas Respati Indonesia.

Beberapa makalah berdasarkan temuan penelitian tentang masalah penuaan telah dipublikasikan. Namun masih ada batasan jumlah makalah yang dipublikasikan dalam jurnal internasional dengan dampak tinggi. Oleh karena itu, diperlukan workshop penyusunan  penulisan ilmiah untuk meningkatkan kemampuan menulis para peneliti, dosen dan mahasiswa pasca sarjana oleh para ahli dan dosen.

Maka dari itu, kegiatan yang bernama Scientific Writing for International Publicationdilaksanakan  pada tanggal 18-19 Maret 2016 dimana kegiatan ini bertempatkan di Gedung Lukas Ruang 703, Fakultas Kedokteran Unika Atma Jaya. Jl. Pluit Raya No. 2, Jakarta Utara. Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 50 peserta yang  terdiri dari peneliti, dosen dan mahasiswa khususnya mahasiswa pascasarjana.

Workshop yang telah dilaksanakan di Universitas Katolik Atmajaya  ini, dilaksanakan sebagai program kolaborasi antara Center for Aging Studies Universitas Indonesia, Universitas Lougborough, Universitas Katolik Atmajaya, Universitas Respati Indonesia, dan Universitas Trilogi bersama dengan Universitas Loughborough.

URINDO dalam Workshop Scientific Writing 2017