Rabu, September 03, 2014
   
Text Size

Fakultas Ilmu Kesehatan

Fakultas Ilmu Kesehatan di Universitas Respati Indonesia meliputi:
1. S1 Kesehatan Masyarakat
2. S1 Keperawatan
3. DIII Kebidananan
4. DIV Kebidanan

Program Studi : S1 Kesehatan Masyarakat (KesMas)

Dengan adanya perubahan paradigm dari kuratif pengobatan menjadi paradigm preventif, dibutuhkan sarjana kesehatan masyarakat yang berkualitas, dalam arti kata memilih pengetahuan dan keterampilan untuk mengelola dan mengembangkan program kesehatan secara kritis, kreatif, inovatif dan bermoral.

Peminatan:

  • Administrasi & Kebijakan Kesehatan
  • Biostatistik & Informatika Kesehatan
  • Gizi Kesehatan Masyarakat
  • Kesehatan Lingkungan
  • Keselamatan dan Kesehatan Kerja
  • Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku
  • Epidemiologi
  • Kesehatan Reproduksi
  • Manajemen Puskesmas

Lama Pendidikan:
Beban studi terdiri atas 144 SKS, ditempuh dalam 8 (delapan) semester, setelah menyelesaikan pendidikan menengah, dan 78 SKS ditempuh dalam 4 semester untuk lulusan DIII Kesehatan sederajat.

 

Program Studi : S1 Ilmu Keperawatan

Pelayanan kesehatan dalam era globalisasi ini semakin kompleks, cepat berkembang dan diwarnai oleh persaingan internasional. Sementara itu perawat sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan, kini tidak hanya dituntut untuk terampil tetapi harus dapat memberikan asuhan yang professional.

Kebutuhan tenaga perawat (Ners) professional di Indonesia semakin meningkat. Diproyeksikan pada tahun 2025 diperlukan sebanyak 589.043 tenaga perawat. Bahkan Negara-negara maju seperti Eropa dan Timur Tengah, terjadi peningkatan kebutuhan tenaga Perawat yg signifikan setiap tahun.

Menyikapi tentang perkembangan keadaan tersebut, Yayasan Pendidikan Respati dengan Universitas Respati Indonesia (URINDO) sebagai unit kerjanya, melakukan kerja sama dengan Filipina untuk menyelenggarakan program studi S1 Keperawatan dengan tujuan agar para lulusannya memiliki keterampilan dan kompetensi bertaraf nasional dan internasional.

Peluang Kerja:
Dalam Negeri dan Luar Negeri
Rumah sakit bertaraf nasional maupun internasional, Puskesmas, Departemen Kesehatan, Instansi Pendidikan, beragam perusahaan industry, Panti Werda dan lain-lain.
Timur Tengah, Eropa, Amerika

Peluang Melanjutkan Pendidikan:
Program Pendidikan Ners Spesialis
Program S2 Magister Keperawatan (M.Kep)
Program S2 Magister Kesehatan (M.Kes)

Penyelenggaraan Pendidikan :
Untuk program A Lulusan dari SLTA Seredajat
Lama pendidikan 8 semester (4 tahun)
Untuk program B lulusan dari DIII Keperawatan
Lama pendidikan 3 semester (1,5 tahun)
Program Profesi (Ners) dapat ditempuh selama 3 semester.

 

Program Studi : DIII Kebidanan & DIV Kebidanan

Kuatitas dan kuantitas SDM Kebidanan di Indonesia masih sangat memprihatinkan karena masih banyak Bidan lulusan DI atau dukun desa begitu pula dengan distribusi kebutuhan bidan dipelosok desa di seluruh Indonesia sehingga mengakibatkan banyak Ibu yang meninggal pada saat melahirkan. 307/100.000 (sumber tahun 2000) kelahiran hidup atau jumlah ibu meninggal saat melahirkan terbanyak di dunia (peringkat ke 3 didunia). Program paradigma sehat pada tahun 2010 nanti hanya bidan (+ 110.000 orang) untuk dididik menjadi Bidan 0 III, dimana saat ini baru sekitar i 10.000 bidan D III yang tersebar di negeri ini. Kebutuhan Bidan D IV pada saat ini masih diperiukan l± 5.000 orang) untuk mendidik bidan D III dan Institusi penyelenggaraan Program D IV masih sangat jarang. Universitas Respati Indonesia Jakarta, UNRIYO Yogyakarta, STIKes Respati Tasikmalaya serta AKBid Respati Sumedang merupakan salah satu institusi penyelenggara pendidikan yang membuka Program D III Kebidanan dengan berbekal pengalaman dan usaha peningkatan mutu yang dilakukan secara terus menerus, serta bertekad untuk menghasilkan SDM Bidan yang berkualitas dan Profesional.

Program DIII Kebidanan
Memenuhi Kebutuhan SDM Kebidanan yang professional dan berkualitas (minimal D III Kebidanan)
Dapat mengikuti perkembangan Iptek dan bisa bekerja sama dengan tim kesehatan

DIII Kebidanan urindo

Program DIV Kebidanan
Menjadi Bidan D IV yang berkualitas

Lama Pendidikan dan Beban Studi
Beban studi adalah 46 SKS yang ditempuh selama 2 Semester

Gelar
Program DIII Kebidanan gelar Lulusannya adatah Ahli Madya Kebidanan serta dapat melanjutkan ke program DIV Bidan.
Program DIV Kebidanan gelar lulusan adalah S.SiT, dan dapat melanjutkan studi ke program S2 Magister llmu Kesehatan Masyarakat dengan peminatan Kesehatan Reproduksi.

Program Khusus Kebidanan
Sejak tahun 2007 Kebidanan D IV menerima Mahasiswa lulusan dari SMU/SLTA Sederajat. Banyak manfaat yang bisa didapat dari program ini diantaranya: Lama Belajar 4 Tahun selesai dan mendapatkan 2 buah Ijazah yaitu Ijazah DIII Kebidanan dan Ijasah DIV Kebidanan.
Lulusan Program ini dapat bekerja tidak hanya sebagai profesi Bidan tetapi juga dapat menjadi pendidik atau tenaga pengajar.
Bidan Lulusan DIV Kebidanan bisa melanjutkan ke program S2 Program Studi llmu Kesehatan Masyarakat dengan peminatan Kesehatan Reproduksi di program Pascasarjana URINDO.

 

Biaya Kuliah Fakultas Ilmu Kesehatan

Universitas Respati Indonesia
Jl. Bambu Apus I No.3 Cipayung jakarta Timur 13890
Telp. (021) 845 7627 Fax. 8457628
© 2010 urindo.ac.id - All Rights Reserved

Home 

Login Form