IMG_9384

BEM URINDO telah membuktikan pada bangsa ini sebuah program kerja berdasarkan salah satu Tri Dharma perguruan tinggi, pengabdian masyarakat yaitu URINDO MENGAJAR.

Mungkin kita semua sadar bahwa pendidikan di Indonesia terlihat sangat memiliki perbedaan. Atau jangan – jangan selama ini pemerintah hanya menutup mata bahwa keadaan sekolah – sekolah di Indonesia sangat memprihatinkan, coba saja kita tengok sebentar kondisi sekolah di daerah perbatasan negeri ini seperti kalimantan, papua, flores dan lain – lain. Bahkan daerah pinggiran Ibu kota ini pun (sebut saja Bogor) masih saja ada yang luput dari tanggung jawab pemerintah.

Terlepas dari tanggung jawab pemerintah, kita semua sebagai masyarakat yang terdidik mempunyai kewajiban untuk mendidik dan ikut mencerdaskan siswa – siswa di Indonesia, agar tidak ada lagi perbedaan kualitas pendidikan.

BEM URINDO sadar betul akan hal itu, sebuah tanggung jawab besar mahasiswa. Setahun sudah program ini berjalan, program bagi mahasiswa aktif yang ikut mengajar siswa – siswa SD di sudut – sudut kota Jakarta. Program yang dijalankan oleh Bem Urindo pada tahun 2014 ini telah mengajar dan berbagi ke daerah – daerah pelosok Ibu kota, dan saat ini puluhan mahasiswa ikut andil mengajar di dua daerah Jonggol – Bogor dan Sukamakmur – Bogor.

“Apa yang telah diajarkan oleh mahasiswa urindo ?”

Mahasiswa yang tergabung dalam urindo mengajar tidak lagi mengajarkan apa yang telah diajarkan oleh gurunya, maka tim urindo mengajar mempunyai beberapa sistem mengajar.

Iyaa, program ini memiliki beberapa kelas belajar diantaranya adalah :

  1. Kelas Guru, merupakan kelas yang dimana mahasiswa urindo mengajar beberapa ilmu pengetahuan kepada beberapa guru seperti Ilmu teknologi dan Bahasa inggris. Kondisi beberapa guru di sekolah tempat mengajar adalah tamatan SMA, SMP, dan SD.
  2. Kelas Imajinasi, merupakan kelas yang mengajarkan tentang seni, seperti mengambar, mendongeng, seni lipat kertas, dll.
  3. Kelas Kesehatan, merupakan kelas yang mengajar tentang kesehatan dini, seperti Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) mulai dari cuci tangan hingga bahaya rokok dan narkoba. Dan tim ini memanfaatkan mahasiswa dari Fakultas Ilmu Kesehatan untuk mengajar.
  4. Kelas Pendidikan Karakter, merupakan pendidikan yang mengedepankan pembentukan karakter sejak dini, seperti kejujuran, kedisiplinan, kesopanan, hormat, patuh dll.

Tim urindo mengajar juga tidak lupa untuk memberikan games fun untuk menarik perhatiaan dan semangat siswa – siswa.

Semoga puluhan mahasiswa di negeri ini pun sanggup mendidik putra – putri bangsa ini seperti mahasiswa urindo.

Mahasiswa Urindo Bentuk Komunitas Mengajar