Atas dasar surat edaran Nomor 0637/K3/KM/2017 yang dikeluarkan oleh Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kopertis III menyelenggarakan kegiatan workshop Jurnalistik. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan penalaran minat dan bakat mahasiswa Perguran Tinggi Swasta di Jakarta.

Sebagai bentuk partisipasi dan tindak lanjut dari surat edaran terkait kegiatan workshop Jurnalistik Kopertis III tersebut, Universitas Respati Indonesia mendelegasikan dua orang mahasiswa sebagai perwakilan. Mahasiswa terpilih tersebut berasal dari mahasiswa fakultas teknologi informasi dan fakultas ilmu kesehatan.

Menurut pengakuan peserta yang didelegasikan dalam acara tersebut, banyak pengalaman  serta pengetahuan yang didapat terkait dunia jurnalistik khususnya dalam penulisan feature. Selain itu, Workshop Jurnalistik  Kopertis III  tesebut menurut mereka juga menjadi media silaturrahmi antar masasiswa dari berbagai PTS yang berada dibawah naungan Kopertis III.

Acara yang dilaksanakan pada tanggal 7 –  9  Agustus 2017 itu  diikuti 102 mahasiswa dari 51 PTS, peserta terbagi menjadi kelompok fotografi dan jurnalistik. Dalam rangkaian kegiatan workshop tersebut peserta diwajibkan melakukan peliputan sebagai bahan penulisan feature, diawal kegiatan peserta juga mengikuti outbond dan pada hari terakhir seluruh peserta mengikuti kegiatan tracking  menyelusuri alam desa Lemah Dhuhur Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor.

Mahasiswa URINDO di Workshop Jurnalistik Kopertis III.