Peserta KKN TEmatik Merajut Nusantara perwakilan dari Universitas Respati Indonesia berfoto bersama Retor dan Wakil Rektro III URINDO.

Setelah kegiatan pembekalan kepada seluruh peserta KKN Tematik bertajuk “Merajut Nusantara” yang dilaksanakan oleh Kopertis Wilayah III dengan bekerja dengan beberapa PTS di jakarta, yang terlaksana pada tanggal 10 dan 17 Februari 2017 kemarin. Hari ini (19/02), dilaksanakan pelepasan 299 peserta KKN Tematik yang tergabung dari 33 perguruan tinggi swasta yang ada di wilayah Kopertis III, dan Universitas Respati Indonesia merupakan salah satu PTS yang mendapatkan kesempatan untuk mengirim 6 delegasi mahasiswa terbaiknya yang tergabung dari beberapa Fakultas yang ada di Universitas Respati Indonesia.

Pelepasan peserta KKN Tematik ini bertempatkan di Skuadron 17  Bandara Halim Perdana Kusuma. Dengan di hadiri Oleh seluruh unsur yang terlibat, baik panitia, peserta maupun seluruh petinggi dari 33 PTS di jakarta, Prof. Dr. drg. Tri Budi Wahyuni Raharjo, MS selaku Rektor URINDO di dampingi oleh Suaminya serta Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan, Bpk. Hartono MSI, MBA juga turut serta dalam acara pelepasan peserta KKN Tematik tersebut.

Serangkaian acara dalam pelepasan ini dilaksanakan, diantaranya sambutan langsung dari Koordinator Kopertis III, ibu Dr. Ir. Illah Sailah, MS. Beliau menyampaikan,”KKN Tematik ini merupakan pemanasan dari adanya penerapan standarisasi nasional pendidikan tinggi di tahun-tahun berikutnya”. Kemudian beliau melanjutkan,”Bahwa standar tersebut, nantinya akan mewajibkan dalam proses pembelajaran, baik itu PTN maupun PTS, wajib adanya implementasi pengabdian terhadap masyarakat”, tegas beliau dalam sambutannya.

Beliau juga merasa sangat bangga terhadap para Mahasiswa yang ikut andil dalam kegiatan KKN Tematik “Merajut Nusantara” ini, sebab 33 PTS yang merupkan 10% dari 330 PTS yang ada di jakarta mengirimkan para Mahasiswa terbaiknya untuk mengabdikan diri untuk nusa dan bangsa serta mengamalkan keilmuannya. DAn berharap, 33 PTS ini dapat menjadi contoh untuk PTS lainnya.

Sambutan selanjutnya ialah dari Kemenristekdikti yang dalam hal ini diwakili oleh ibu Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, MP yang merupakan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Reset, Teknologi dan Perguruan Tinggi. Beliau sangat mengapresiasi terhadap kinerja Kopertis Wilayah III atas realisasi program KKN Tematik “Merajut Nusantara” ini.

Ibu paris juga menyampaikan pesan dari Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D, Ak, selaku Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, “Bapak Mentri berpesan kepada saya, bahwa beliau berharap semoga KKN ini benar-benar menjadi ladang Aktualisasi diri bagi mahasiswa di masyarakat serta dalam mengimplentasikan keilmuannya yang didapat di bangku kuliah”, ucap ibu paris dalam sambutanya.

Kemudian sambutan berikutnya disampaikan oleh Asisten Teritorial Panglima TNI, Mayor Jenderal TNI Kustanto Widiatmoko, M.D.A . Beliau mewakili sambutan Panglima TNI yang saat itu tidak bisa hadir dalam kegiatan pelepasan tersebut. Pesan-pesan yaang disampaikan kepada seluruh peserta meliputi, agar peserta KKN dapat mengamalkan filosofi pendidikan dari amanat konstitusi, memperkokoh kebhinekaan, serta menjadi generasi yang siap beradaptasi atas perubahan-perubahan di masa depan.

Setelah sambutan-sambutan selesai, acara kemudian dilanjutkan dengan simbolisasi pelepasan peserta KKN Tematik “Merajut Nusantara”. Dan di tutup dengan pembacaan do’a, serta selanjutnya seluruh unsur yang hadir padaa saat itu melakukan foto bersama.

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Merajut Nusantara yang dimulai tanggal 19 Februari sampai dengan 4 Maret 2018, dibagi menjadi 4 program, yaitu; Industri kreatif, Pendidikan, Pariwisata dan Kesehatan. Dimana Kegiatan ini nantinya akan dilaksanakan di 4 desa yaitu; Desa Baru, Desa Lalang, Desa Senyubuk dan Buku Limau, Kabupaten Belitung Timur, provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

299 mahasiswa KKN Merajut Nusantara diberangkatkan menggunakan pesawat Hercules A-1321 milik TNI – AU dengan dua sorti. Sorti pertama, diberangkatkan pukul 10.00 wib dan sorti kedua pukul 14.00 wib dari pangkalan TNI AU Lanud Halim Perdanakusuma.

Mahasiswa URINDO “Merajut Nusantara”, KKN Tematik Kopertis Wilayah III