Foto Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Ilmu Administrasi bersama warga di penghujung kegiatan

Rabu, 6 Desember 2017 Universitas Respati Indonesia mengadakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat. Dimana kegiatan Pengabdian Masyarakat merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh para dosesn bersama mahasiswa sebagai bentuk pengamalan Tri Darma Perguruan Tinggi.

Acara tersebut berlangsung di Desa Mekarwangi, Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor. Serangkain acara terlaksana dengan dimulai sambutan dari beberapa pihak, diantanya ialah ketua panitia, Thomas Anditora. Kemudian diaalnjutkan oleh, Bapak Ahmadun, SH.,M.Si selaku Dekan Fakultas Ilmu Administrasi, Ketua program Studi Drs. Sularto. S.H.,M.Si, koordinator pelaksana Nurminingsih,S.Sos.,M.Si, kemudian sambutan oleh ketua UMKM Desa Jangkar yaitu Bapak H.Mansyur.

Kegiatan ini bertajuk “pemberdayaan UMKM bagi usaha keluarga dalam meningkatkan pendapatan di kampung jangkar, desa mekarwangi, kecamatan cariu, kabupaten bogor”. Sesuai dengan judul tersebut, beberapa materi disampaikan. Materi pertama ialah tentang pembinaan umkm yang dalam hal ini disampaikan oleh dosen pembimbing dan beberapa mahasiswa fakultas ilmu administrasi semester 7. Dimana yanng menjadi peserta kegiatan ini adalah para pelaku usaha mikro di kampung jangkar dan masyarakat sekitar.

Materi selanjutnya ialah Materi perhitungan BEP dibawakan oleh Dosen pembimbing. Dengan menjelaskan BEP merupakan suatu keadaan atau titik dimana pengeluaran dan pendapatan terjadi keseimbangan,sehingga tidak terdapat keuntungan maupun kerugian. Selanjutnya peserta diberi edukasi mengenai pentingnya Break Event Point (BEP) dalam perencanaan bisnis, menentukan sumber pendapatan, jumlah pengeluaran operasional, dan cara menghitung BEP, PBP, dan ROI.

Dilanjutkan dengan pemberian materi Pengemasan ( Packaging ), Bisnis Online dan materi terakhir ialah menjelaskan perihal Peran UMKM Dalam Peningkatan Ekonomi Nasional. Setelah serangkai materi selesai. Acara tersebut kemudian diakhiri dengan penandatanganan MOU (Kerjasama) antara Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Respati Indonesia dibidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Penandatangan MOU dilakukan oleh ketua UMKM Desa Jangkar yaitu Bapak H.Mansyur dan Pak Lurah Desa Mekarwangi.

Diharapkan dengan adanya perjanjian ini, kerjasama perihal pengabdian ini terus berlanjut. Penutupan acara ini diakhiri dengan pemberian souvenir kepada pemilik UMKM dan Pak Lurah serta kegiatan foto bersama.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan akan terus menjadikan Pihak Universitas Respati Indonesia konsisten dalam melaksanakan kegiatan pengamalan Tri Darma Perguruan Tinggi baik Penelitian maupun Pengabdian Masyarakat.

Pengabdian Masyarakat Fakultas Ilmu Adminstrasi di Desa Mekarwangi, Bogor