“Pengabdian Kepada Masyarakat” merupakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan tinggi. Tentunya kalimat tersebut merupakan suatu hal yang tidak asing lagi dalam dunia akademisi khususnya perguruan tinggi. Menurut undang – undang tentang pendidikan tinggi, pengabdian kepada masyarakat adalah kegiatan sivitas akademika yang memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Oleh karena itu, sebagai bentuk nyata serta bukti dalam pengamalan Pengabdian Kepada Masyarakat, Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Respati Indonesia mewujudkannya melalui Komunitas “URINDO Mengajar”.

URINDO Mengajar merupakan sebuah Program yang tercipta atas kesadaran serta respon terhadap kondisi pendidikan Indonesia yang kurang merata. Selain itu, program ini juga menjadi salah satu wadah bagi mahasiswa dalam membaktikan dirinya terhadap masyarakat pada umumnya. Komunitas ini bergerak sejak lima tahun lalu, tepatnya bulan Desember 2014. Saat ini URINDO Mengajar telah menjangkau wilayah sekitar Jawa Barat khususnya daerah bogor.

Selain fokus dalam bidang pendidikan, gerakan ini juga memiliki tujuan mengkampanyekan gerakan kerelawanan kepada Mahasiswa. Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa terlatih sejak dibangku kuliah perihal pengabdian serta dapat memberi nilai positif untuk masyarakat sejak dini. Yang menjadi fokus selanjutnya yaitu mengajak seluruh unsur sivitas akademika meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

Nah, oleh karena itu, merupakan kabar baik untuk seluruh sivitas akademika Universitas Respati Indonesia. Saat ini BEM Universitas Respati Indonesia sedang membuka kesempatan yang seluas-luasnya bagi seluruh mahasiswa serta sivitas URINDO untuk bergabung dan berkontribusi dalam kegiatan URINDO Mengajar ini.

Selain mengajak untuk bergabung menjadi Volunteer, serta menjadi bagian dari program URINDO Mengajar ini, BEM Universitas Respati Indonesia juga mengajak bagi siapapun untuk berkontribusi dengan dukungan materiil, melalui kegiatan “Donasi Pendidikan” yang diadakan bersamaan dengan perekrutan relawan baru URINDO Mengajar.

Dari pada penasaran perihal bagaimana teknis mendaftar atau berdonasi, informasi lebih detailnya bisa disimak pada infografis berikut:

URINDO Mengajar Menjaring Relawan dan Donasi