Picture14
Globalisasi di segala bidang sudah terjadi dan akan terus terjadi, demikian pula di bidang pendidikan, khususnya di bidang Kesehatan Masyarakat. Pada akhir tahun 2015 Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) akan segera diberlakukan yang tentunya ini akan membawa dampak terhadap persaingan tenaga kerja, tidak terkecuali tenaga Sarjana Kesehatan Masyarakat.

oleh karena itu para staff pengajar (Dosen) perlu tugas untuk mengikuti perkembangan untuk menghadapi tantangan ini dan meningkatkan daya saing lulusan dalam menghadapi era Globalisasi khususnya di kawasan Asean dengan adanya MEA.

Senin tanggal 23 Maret 2015 pukul 10.00 Waktu Bangkok, Rombongan Fakultas Ilmu Kesehatan URINDO sebanyak 6 orang diterima oleh dekan Faculty of Public Health Mahidol University Assoc, Bangkok – Thailand. Prof. Prayoon Fongsatitkul didampingi oleh para pembantu dekan dan kepala Departemen terkait, di Ruang pertemuan lantai 5 Faculty of Public Health. adapun rombongan dari Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Respati Indonesia adalah Zainal Abidin, MSc (KPS Kesmas); Sri Widodo, SE, M. Kes (Sekretaris Prodi Kesmas) ; Samingan, SE, M.Kes (Kabag. Kemahasiswaan) ; Yuna Trisuci, Sst, M.Kes (Sekretaris Rektor) ; Lalila Ulfa, SKM, M.Kes (Sekretaris S2 Kesmas) ; Suwarto, SKM, M.Kes (Dosen Prodi Kesmas).

Faculty Of Public Health, Mahidol University di Bangkok Thailand merupakan salah satu Institusi Pendidikan yang mempunyai reputasi tinggi di tingkat ASEAN maupun Asia. Dimana University Mahidol telah menyelenggarakan Pendidikan S1 Kesehatan Masyarakat (Bachelor Of Public Health) dan juga S2 (Master of Public Health (MPH).

Picture5

Setelah dilakukan penerimaan oleh Dekan Faculty of Public Health beserta seluruh jajarannya, selanjutnya dilakukan diskusi dan tanya jawab mengenai beberapa aspek yang menyangkut penyelenggaraan pendidikan baik yang diselenggarakan oleh Faculty of Public Health serta kemungkinan kerjasama antara URINDO dan Mahidol University khususnya antara FIKes URINDO dan Faculty of Public Health. Selain berdiskusi serta meninjau fasilitas pendidikan dan penelitian serta pengabdian kepada masyarakat antara lain ke Laboratorium, fasiltas ruangan fakultas dan message centre.

Comparative Study URINDO to Mahidol University (Bangkok)