Selasa (13/03), Universitas Respati Indonesia mengadakan pertemuan penting perihal pembahasan Pembentukan Pusat Kajian Pembangunan Keluarga dan Lanjut Usia (Centre for Family Development and Ageing Studies) Universitas Respati Indonesia atau bisa disingkat dengan nama CeFAS – URINDO.

Kegiatan yang bertempatkan di Gedung Kampus A URINDO Jakarta Timur ini, dihadiri oleh beberapa internal Universitas. Mulai dari Jajaran Rektorat dan beberapa staff terkait. Selain itu,  acara tersebut juga dihadiri oleh beberapa tamu undangan, diantaranya ialah Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Prof. Aris Ananta, M.Sc. Ph.D serta Dr. Sudibyo Alimoeso, M.A selaku ketua Ikatan Praktisi Ahli Demografi Indonesia (IPADI).

Rapat tersebut membahas terkait fokus URINDO dalam memperhatikan kondisi kelansian saat ini dan masa yang akan datang. Dalam sesi diskusi, dibahas terkait kelansiaan serta permasalahannya. Sehingga, solusi yang diberikan Universitas Respati Indonesia ialah dengan membentuk Pusat Kajian Pembangunan Keluarga dan Lanjut Usia atau nantinya bisa kita kenal dengan CeFAS – URINDO.

Hal ini disambut postif oleh ketua IPADI, Dr. Sudibyo Alimoeso, M.A. Beliau menyatakan,”Mengapa keluarga mengarah pada lansia ?. Sebab lansia sebagai Inti, dan mempersiaapkan lansia masa depan adalah penting”, ungkapnya.

CeFAS-URINDO tersebut, nantinya diharapkan dapat menjadi pusat kajian yang berkontribusi mewujudkan Keluarga Sejahtera Indonesia , diakui secara nasional dan internasional tahun 2025. Selain itu, pusat kajian ini diharapkan dapat menjadi pendorong peneliti untuk melakukan publikasi, presentasi poster dll. Hal lain juga dihimbau oleh ibu Evi Nurvidya Arifin, PhD bahwa, “Kedepannya, sangat perlu pusat kajian ini sebagai dasar untuk pencapaian VISI URINDO”.

Saat ini, juga telah disepakati bahwa nantinya yang akan menjadi ketua dari pusat kajian ini ialah Dr. Sudibyo Alimoeso, M.A dan ibu Susiana Nugraha SKM,MSc sebagai sekertarisnya.  Prof. Dr. drg. Tri Budi Wahyuni Rahardjo, M.S, Rektor Universitas Respati Indonesia mengungkapkan bahwa CeFAS-URINDO ini, rencananya akan di diresmikam di BKKBN dalam peringatan Hari Lansia Nasional (HALUN) tanggal 7 Mei 2018.

 

Terbentuknya Pusat Kajian Pembangunan Keluarga dan Kelanjutusiaan URINDO